Solusi Bisnis Online Dengan Fulfillment Center, Begini Cara Kerjanya

Berbelanja melalui e-commerce saat ini sudah menjadi hal yang lumrah bagi setiap orang karena memang prosesnya yang mudah dan cepat, serta aman dan terjamin. Sebagai pebisnis online, tentunya kalian sudah tidak asing lagi dengan kata fulfillment center. Fulfillment center merupakan lokasi fisik yang bertujuan sebagai tempat penyimpanan sementara berbagai produk pihak ketiga untuk dikelola dan diproses guna memenuhi orderan para pelanggan, baik melalui toko online ataupun marketplace seperti shopee, tokopedia, lazada, maupun blibli.com.

Fulfillment center memiliki andi yang besar dalam membantu proses penjualan pesanan yang dilakukan oleh konsumen karena di dalamnya sudah menggunakan sistem yang terintegrasi dan fasilitas yang memadai sehingga proses pemenuhan orderan menjadi sangat aman dan lancar. Lalu, bagaimana sih cara kerja dari jasa ini?

Penyimpanan Barang

Pada umumnya, fullfillment center mendapatkan orderan dari beberapa toko online ataupun langsung dari marketplace melalui sistem yang terintegrasi seperti shopee ataupun tokopedia. Data orderan ini akan masuk dan diterima oleh fulfillment center sehingga mereka harus menyediakan tempat strategis yang berkapasitas besar seperti gudang sebagai tempat persediaan barang bisnis e-commerce. Tidak hanya menyimpan barang saja, namun setiap produk penjualan dipastikan tersimpan dengan aman sesuai dengan kategori dan kebutuhan dari masing-masing produk.

Inventory Manajemen

Ketika banjir orderan, terkadang para penjual bingung untuk mengetahui sisa stok produk yang masih tersedia. Nah dengan adanya fulfillment center ini kalian akan terbantu dalam mengatur dan mengawasi pergerakan produk kalian di gudang atau warehouse karena mereka sudah memiliki system dan resourse, seperti mengatur jumlah stok barang hingga mencatat barang yang masuk dan barang yang keluar. Dan kelebihannya lagi, update stok produk ini akan tersedia secara real-time karena sudah memiliki sistem ERP (Enterprise Resource Planning) di dalamnya.

Layanan Pengambilan dan Pengemasan

Apabila pelanggan sudah melakukan transaksi di toko e-commerce yang digunakannya, maka secara otomatis data orderan tersebut akan masuk ke fulfillment center. Nah jika barang yang dipesan masih tersedia secara otomatis komputer akan mencetak barcode sesuai dengan kode pesanan pelanggan. Hal ini untuk memudahkan para tim yang melakukan proses pengambilan dan pengemasan produk secara langsung ke konsumen atau end user.

Manajemen Pengiriman

Ini merupakan cara kerja terakhir yang dilakukan oleh fulfillment center sebelum orderan pelanggan dikirim menggunakan jasa pengiriman logistik. Berbeda dengan gudang umum, fulfillment center terhubung dengan banyak kurir logistic umum seperti JNE, Sicepat, J&T, dan ekspedisi lainnya yang disesaikan dengan pilihan ekspedisi dari pelanggan. Selain itu, jasa ini akan membantu proses me-retur pesanan produk yang dilakukan oleh pelanggan. Nah, jika barang sudah dikirim, info pelacakan atau nomo resi produk akan dikirimkan ke pusat e-commerce dan akan dibagikan kepada pelanggan sehingga memang proses pengirimannya sangat aman dan terjamin.